Joeleonhart’s Weblog

To Learn and To Share

Robert Valentino Tarigan – Pelindung Bumimu

Hutan – siapa pun tahu – adalah penyangga bumi dari kehancuran. Hutan pun merupakan paru-paru dunia. Kalau air dikatakan sumber kehidupan, hutan dapat dikatakan penyangganya. Mengapa tidak, akar-akar kayu yang ada di hutan berfungsi di samping menyerap juga menyimpan air. Singkatnya, hutan merupakan ‘mesin’ sirkulasi air paling canggih yang tak dapat digantikan dengan apa pun. Lalu, pertanyaannya, apa kaitan hutan dengan uang serta pistol. Jawabnya sederhana saja, dari hutan manusia akan memperoleh uang yang sangat banyak. Cuma ada segelintir orang yang ingin merusaknya karena kebutuhan sesaat. Kemudian, karena ada yang merusak, ada pula yang ingin mempertahankan (melestarikan). Muncullah perlawanan. Seiring dengan itu muncul pula pistol yang di dalamnya berkonspirasi antara kekuasaan, kekuatan dan uang. Membicarakan kelestarian hutan – mau tidak mau – akan berhadapan dengan dua kutub yang saling tarik-menarik kepentingan. Kutub pertama, pembela lingkungan – yang meskipun jadi martir – akan terus berjuang agar satu batang pohon pun jangan ditebang. Kutub yang kedua adalah para maling kayu yang dengan buasnya menghabisi hutan-hutan kita bersama dengan konco-konconya.

Demikianlah sekilas kata dr. Robert Valentino Tarigan, S.Pd yang merupakan seorang tokoh pendidikan sekaligus aktivis lingkungan sejati.

Ini ada beberapa foto ketika investasi langsung ke hutan-hutan di daerah-daerah Sumatera Utara.

Menghadang si “monster besi” yang sedang bersiap untuk menghancurkan hutan.

Inilah sebagian kecil dari kayu-kayu yang telah diambil dari hutan-hutan hasil jepretan dari Bapak Robert Valentino ketika investigasi langsung ke lapangan.

Oh, my Gosh..!! Hutanku Tinggal Sebatang Pohon

Duh, lagi-lagi Illegal Logging!!

Informasi lainnya seputar illegal logging di kawasan Sumatera Utara akan menyusul. Bagi yang ingin tahu lebih banyak lagi tentang Bapak Robert Valentino, silakan buka link berikut: Pelindung Bumimu

June 4, 2008 - Posted by | Environment

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: